Wednesday 15 April 2015

PTK UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DENGAN METODE DRILL PADA KELAS III DTA ISLAMIYAH DESA LEUWEUNGGAJAH KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON TAHUN PELAJARAN 2012-2103



UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA
 PELAJARAN FIQIH DENGAN METODE DRILL
PADA KELAS III DTA ISLAMIYAH DESA LEUWEUNGGAJAH
KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2012-2103





PENELITIAN TINDAKAN KELAS





Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
untuk Menempuh Program Setara Diploma I
Pendidikan Guru Diniyah Takmiliyah Awaliyah






Oleh:

Rinaldi Hardiansah
NIM :  2013.2.0162







SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
BUNGA BANGSA CIREBON
TAHUN 2013




ABSTRAK

Rinaldi Hardiansah (NIM : 2013.2.0162). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Pelajar Fiqih dengan Metode Drill di DTA Islamiyah Dsa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon
Kata Kunci: Upaya meningkatkan, Konsentrasi balajar fiqih, dan  penerapan metode drill .
Penerapan ilmu fiqih sangatlah penting dalam upaya memperdalam ilmu agama islam
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam rangka memperbaiki cara-cara guru mengajar, memperbaiki proses belajar mengajar, dan upaya meningkatkan konsentrasi balajr Fiqih pada siswa kelas III DTA Islamiyah Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Upaya perbaikan tersebut dilakukan dengan menerapkan mtode drill pada saat pembalajaran Fiqih berlangsung. Penggunaan metode ini dilakukan dengan asumsi bahwa metode drill akan sangat membantu siswa memahami materi pelajaran dan memudahkan guru menyajikan materi pelajaran dengan lebih baik. Oleh karena itu PTK ini dilaksanakan untuk menjawab masalah: Apakah metode Drill dapat meningkatkan konsentrasi belajar Fiqih pada kelas III DTA Islamiyah Desa Leuweunggajah Keamatan Ciledug Kabupaten Cirebon?
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari langkah-langkah : Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah: pedoman observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Angka-angka yang digunakan dalam penelitian ini kemudian ditafsirkan secara kualitatif untuk membuat kesimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil belajar Fiqih siswa kelas III DTA Islamiyah Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon sebelum penerapan metode drill adalah tergolong rendah, yakni dengan rata-rata 65 %; suasana pembelajaran juga kurang efektif karena tampak sebagian besar 50% siswa yang tidak konsentrasi dalam pembelajaran; 2) Penerapan metode drill dengan materi Fiqih berjalan sangat baik dan lancar. Penguasaan guru dalam mengoperasikan metode drill sangat bagus, sehingga siswa  tampak antusias dalam belajar Fiqih; 3) Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 60 % dan setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus II, rata-rata hasil belajarnya meningkat menjadi 71 % (Baik). Di samping itu sangat dirasakan proses belajar mengajar berlangsung secara menarik dan hampir seluruh siswa  terfokus pada kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan konsentrasi belajar Fiqih.




No comments:

Post a Comment