UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA
PELAJARAN FIQIH DENGAN
METODE DRILL
PADA KELAS III DTA ISLAMIYAH DESA LEUWEUNGGAJAH
KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2012-2103
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Diajukan
sebagai Salah Satu Syarat
untuk Menempuh
Program Setara Diploma I
Pendidikan Guru
Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Oleh:
Rinaldi
Hardiansah
NIM : 2013.2.0162
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
BUNGA
BANGSA CIREBON
TAHUN
2013
ABSTRAK
Rinaldi Hardiansah (NIM :
2013.2.0162). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Pelajar
Fiqih dengan Metode Drill di DTA Islamiyah Dsa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug
Kabupaten Cirebon
Kata Kunci: Upaya meningkatkan, Konsentrasi balajar fiqih, dan penerapan metode drill .
Penerapan ilmu fiqih sangatlah penting dalam upaya memperdalam ilmu
agama islam
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam rangka memperbaiki cara-cara guru mengajar, memperbaiki
proses belajar mengajar, dan upaya meningkatkan konsentrasi balajr Fiqih pada
siswa kelas III DTA Islamiyah Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.
Upaya perbaikan tersebut dilakukan dengan menerapkan mtode drill pada saat
pembalajaran Fiqih berlangsung. Penggunaan metode ini dilakukan dengan asumsi
bahwa metode drill akan sangat membantu siswa memahami materi pelajaran dan
memudahkan guru menyajikan materi pelajaran dengan lebih baik. Oleh karena itu
PTK ini dilaksanakan untuk menjawab masalah: Apakah metode Drill dapat
meningkatkan konsentrasi belajar Fiqih pada kelas III DTA Islamiyah Desa
Leuweunggajah Keamatan Ciledug Kabupaten Cirebon?
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari langkah-langkah : Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan
Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah:
pedoman observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Sedangkan analisis
data dilakukan dengan analisis kualitatif. Angka-angka yang digunakan dalam
penelitian ini kemudian ditafsirkan secara kualitatif untuk membuat kesimpulan
hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil belajar Fiqih
siswa kelas III DTA Islamiyah Desa Leuweunggajah Kecamatan Ciledug Kabupaten
Cirebon sebelum penerapan metode drill adalah tergolong rendah, yakni dengan
rata-rata 65 %; suasana pembelajaran juga kurang efektif karena tampak sebagian
besar 50% siswa yang tidak konsentrasi dalam pembelajaran; 2) Penerapan metode
drill dengan materi Fiqih berjalan sangat baik dan lancar. Penguasaan guru
dalam mengoperasikan metode drill sangat bagus, sehingga siswa tampak antusias dalam belajar Fiqih; 3) Hasil
belajar siswa pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 60 % dan setelah
dilaksanakan perbaikan pada siklus II, rata-rata hasil belajarnya meningkat
menjadi 71 % (Baik). Di samping itu sangat dirasakan proses belajar mengajar
berlangsung secara menarik dan hampir seluruh siswa terfokus pada kegiatan belajar mengajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill sangat efektif
untuk meningkatkan hasil belajar dan konsentrasi belajar Fiqih.
No comments:
Post a Comment