SENI BACA AL-QUR’AN
SENI
BACA AL-QUR’AN ialah :”Melagukan baca’an Al-qur’an”
Secara umum lagu Al-Qur’an adalah
“setiap lagu apa saja yang dapat diterapkan dalam ayat-ayat Al-Qur’an, dengan
berbagai variasi dan nada suara yang teratur dan harmonis, tanpa menyalahi
hukum-hukum tajwid”.
Prof.KH. Mukti Ali Pada pertemuan
(ta’aruf , MTQ Nasional di Riau thn.1980) pernah mengatakan dan menganjurkan,
kiranya lagu-lagu Al-Qur’an dapat di Pribumikan. Misalnya dengan lagu: Manuk dadali
atau lagu-lagu kidung, dsb. Termasuk KH. Ja’far Aqil dan KH. Musthofa Aqil
Siroj Kempek Cirebon.
Namun sejarah menentukan lain, Bahwa
kelahiran lagu-lagu Al-Qur’an yang hingga sa’at ini berkembang pesat di
Indonesia adalah dari tanah Arab(Timur Tengah). Dan sudah menjadi sunnah Rosul,
bahwa melagukan Al-Qur’an harus berkiblatkan ‘Ala Arobiyah.
TAHAPAN-TAHAPAN MEMBACA AL-QUR’AN
Menurut KH.Ahmad syahid Cicalengka
Bandung, ada 6 tahapan membaca Al-Qur’an, antara lain :
1.
Tahapan mengenal huruf-huruf Al-Qur’an (huruf hijaiyah)
2.
Tahapan mengeja (tahaji)
3.
Tahapan Membaca Rangkaian huruf Al-Qur’an (Mu’alam)
4.
Tahapan Murattal Binaghomah
(tahapan membaca Al-Qur’an dengan penguasa’an
tajwid dan sedikit sentuhan lagu Al-Qur’an dengan tempo sedang)
5.
Tahapan Mujawwad
(tahapan membaca Al-Qur’an dengan penguasa’an
tajwid dan semua lagu-lagu Al-Qur’an dengan tempo pelan)
6.
Tahapan Qiro’at
(tahapan membaca Al-Qur’an degan penguasa’an
tajwid dan pengusa’an Qiro’at dari masing-masing imam )
TAHAPAN MUROTTAL
BINNAGHOMAH
Ada 3 lagu murottal yang favorit
yang biasa di pertandingkan di event MTQ, Baik tingkat daerah maupun Nasional,
Antara lain :
1. Murottal Binnaghomah
bayyaati
Lagu bayyaati ialah:”lagu seni baca
Al-Qur’an yang identik dengan makna kebahagia’an, kesenangan, keindahan atau
kabar yang menyenangkan”.
Lagu murottal ini biasa dibawakan
dengan dua intonasi atau tiga intonasi. Contoh rumus dua intonasi pada surat
At-Tiin.
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÊÈ
ÈûüÏnG9$#ur ÈbqçG÷¨9$#ur
ÇÊÈ
ÍqèÛur tûüÏZÅ
ÇËÈ
#x»ydur Ï$s#t7ø9$# ÂúüÏBF{$# ÇÌÈ ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr&
5OÈqø)s?
ÇÍÈ
¢OèO çm»tR÷yu
@xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ wÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur
ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù
íô_r&
çöxî
5bqãYøÿxE
ÇÏÈ
$yJsù y7ç/Éjs3ã
ß÷èt/
ÈûïÏe$!$$Î/ ÇÐÈ }§øs9r&
ª!$# È/s3ômr'Î/ tûüÉKÅ3»ptø:$#
ÇÑÈ
Contoh
rumus tiga intonasi pada surat AL-Humazah
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÊÈ
×@÷ur
Èe@à6Ïj9 ;otyJèd
>otyJ9 ÇÊÈ Ï%©!$# yìuHsd Zw$tB
¼çny£tãur ÇËÈ Ü=|¡øts
¨br& ÿ¼ã&s!$tB ¼çnt$s#÷{r&
ÇÌÈ
xx. ( ¨bxt6.^ãs9 Îû ÏpyJsÜçtø:$# ÇÍÈ !$tBur y71u÷r& $tB èpyJsÜçtø:$# ÇÎÈ â$tR
«!$# äoys%qßJø9$# ÇÏÈ ÓÉL©9$# ßìÎ=©Üs?
n?tã ÍoyÏ«øùF{$# ÇÐÈ $pk¨XÎ) NÍkön=tã ×oy|¹÷sB ÇÑÈ Îû 7uHxå ¥oy£yJB ÇÒÈ
dan
surat Al-Qaari’ah.
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÊÈ
èptãÍ$s)ø9$# ÇÊÈ $tB èptãÍ$s)ø9$# ÇËÈ !$tBur y71u÷r& $tB èptãÍ$s)ø9$# ÇÌÈ tPöqt ãbqä3t â¨$¨Y9$#
ĸ#txÿø9$$2 Ï^qèZ÷6yJø9$# ÇÍÈ ãbqä3s?ur ãA$t6Éfø9$#
Ç`ôgÏèø9$$2
Â\qàÿZyJø9$#
ÇÎÈ
$¨Br'sù ÆtB ôMn=à)rO
¼çmãZκuqtB ÇÏÈ uqßgsù Îû 7pt±Ïã 7puÅÊ#§ ÇÐÈ $¨Br&ur ô`tB ôM¤ÿyz ¼çmãZκuqtB ÇÑÈ ¼çmBé'sù ×ptÍr$yd ÇÒÈ !$tBur y71u÷r& $tB ÷muÏd ÇÊÉÈ î$tR
8puÏB%tn
ÇÊÊÈ
2. Murottal Binnaghomah
Nahaawand
Lagu Nahaawand ialah:” lagu seni
baca Al-Qur’an yang identik dengan makna kesedihan, keduka’an atau kematian”.
Lagu
murattal ini biasa dibawakan dengan tiga intonasi.
Contoh
rumusnya pada surat Al-Kafirun.
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÊÈ
ö@è% $pkr'¯»t
crãÏÿ»x6ø9$# ÇÊÈ Iw
ßç6ôãr& $tB tbrßç7÷ès?
ÇËÈ
Iwur óOçFRr& tbrßÎ7»tã !$tB ßç7ôãr&
ÇÌÈ
Iwur O$tRr& ÓÎ/%tæ $¨B ÷Lnt6tã ÇÍÈ Iwur óOçFRr& tbrßÎ7»tã !$tB ßç6ôãr&
ÇÎÈ
ö/ä3s9
ö/ä3ãYÏ
uÍ<ur
ÈûïÏ ÇÏÈ
3.
Murottal Binnaghomah Rost
Lagu rost ialah:” lagu seni baca Al-Qur’an
yang identik dengan makna Perintah atau Larangan”.
Lagu
murottal ini biasa dibawakan dengan dua intonasi.
Contoh
rumusnya pada surat An-Naas
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÊÈ
ö@è% èqããr& Éb>tÎ/ Ĩ$¨Y9$#
ÇÊÈ
Å7Î=tB
Ĩ$¨Y9$# ÇËÈ Ïm»s9Î) Ĩ$¨Y9$#
ÇÌÈ
`ÏB
Ìhx© Ĩ#uqóuqø9$# Ĩ$¨Ysø:$#
ÇÍÈ
Ï%©!$# â¨Èqóuqã Îû Írßß¹ ÄZ$¨Y9$#
ÇÎÈ
z`ÏB Ïp¨YÉfø9$# Ĩ$¨Y9$#ur ÇÏÈ
atau
Ad-Dluha.
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ÇÊÈ
4ÓyÕÒ9$#ur ÇÊÈ È@ø©9$#ur #sÎ)
4ÓyÖy
ÇËÈ
$tB
y7tã¨ur y7/u $tBur
4n?s%
ÇÌÈ
äotÅzEzs9ur
×öy{
y7©9 z`ÏB 4n<rW{$# ÇÍÈ t$öq|¡s9ur yÏÜ÷èã y7/u #ÓyÌ÷tIsù ÇÎÈ öNs9r& x8ôÉgs
$VJÏKt 3ur$t«sù ÇÏÈ x8yy`urur ~w!$|Ê 3yygsù
ÇÐÈ
x8yy`urur Wxͬ!%tæ
4Óo_øîr'sù ÇÑÈ $¨Br'sù zOÏKuø9$#
xsù öygø)s?
ÇÒÈ
$¨Br&ur @ͬ!$¡¡9$#
xsù öpk÷]s?
ÇÊÉÈ $¨Br&ur ÏpyJ÷èÏZÎ/ y7În/u ô^ÏdyÛsù ÇÊÊÈ
______________________________-
_______________
No comments:
Post a Comment