Wednesday 31 July 2013

MAKALAH MASYARAKAT MADANI




MAKALAH
MASYARAKAT MADANI
“ PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI MASYARAKAT MADANI ”
Dosen :  Hj.FIKRIYAH, MA



LOGO BUNGA BANGSA.jpg






Di Susun Oleh :
-          RINALDI HARDIANSAH
-          SITI NURLAELI
-          NURLAELI
-          TIAH MUTAPIAH
-          MUSLIKHAH
-          IIS
-          ROYATUL KHURIYATI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
STAI BUNGA BANGSA CIREBON
PROGRAM STRATA SATU (S1)
Kampus : Jl.Widasari III Tuparev Cirebon Telp./Fax.(0231) 246215 Email : staibbc.cirebon@gmail.com


MASYARAKAT MADANI
Pengertian Masyarakat Madani ( Civic Society )
Kata Madani berasal dari kata “Madinah”, yaitu sebuah kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW. Madinah berasal dari kata “Madaniyah” yang berarti peradaban. Oleh karena itu masyarakat madani berarti masyarakat yang beradab.

Istilah masyarakat madani itu merujuk pada pada masyarakat islam yang pernah di bangun oleh Nabi Muhammad di negeri madinah. Perkataan madinah dalam bahasa arab dapat di pahami dari dua sudut pengertian. Pertama, secara konvensional kata madinah dapat bermakna sebagai “ Kota” dan kedua, secara kebahasaan dapat berarti “peradaban”
·        Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mayarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi norma, nilai-nilai, dan hokum yag di topang oleh penguasan teknologi yang beradab, iman dan ilmu.

·        Menurut Syamsudin Haris, masyarakat madani adalah suatu lingkup interaksi sosial yang berada di luar pengaruh Negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab seperti keluarga, asosiasi sukarela, gerakan kemasyarakatan dan berbagai bentuk lingkungan komunikasi anatar warga masyarakat.


·        Menurut Nurcholis Madjid, masyarakat madani adalah masyarakat yang merujuk kepada masyarakat islam yang pernah di bangun Nabi Muhammad SAW. Di madinah, sebagai masyarakat kota atau masyarakat  berperadaban dengan cirri antara lain : egaliteran (kesederajatan), menghargai prestasi, keterbukaan, toleransi dan mustawarah.

·        Menurut Ernest Gellner, Civil Society atau Masyarakat Madani merujuk pada masyarakat yang terdiri atas berbagai istitusi non pemerintah yang otonom dan cukup kuat untuk dapat mengimbangi Negara.


·        Menurut Cohen  dan Arato, Civil Society atau Masyarakt Madani adalah suatu wilayah interaksi sosial diantara wilayah ekonomi , politik dan Negara yang didalamnya menncakup semua kelompok-kelompok sosial yang bekerjasama membangun ikatan –ikatan sosial diluar lembaga resmi,menggalang solidaritas kemanusiaan, dan mengejar kebaikan bersama(public good).

·        Menurut Muhammad AS Hikam, Civil Society atau Masyarakat Madani adalah wilayah-wilayah kehidupan sosial yang terorganisasi dan bercirikan antara lainkesukarelaan (voluntary), keswasembadaan (self-generating), keswadayaan (self-supporing), dan kemanirian yang tinggi berhadapan dengan Negara, dan keterikatan dengan norma-norma dan nilai-nilai hokum yang diikuti oleh warganya.


Jadi di dalam pengertian umum masyarakat Madani adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta masyarakat yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Perujukan masyarakat madinah sebagai tipikal masyarakat ideal bukan pada peniruan struktur masyarakatnya, tapi pada sifat-sifat yang menghiasi masyarakat ideal ini. Sepeti perbuatan amar ma’ruf nahi munkar yang sejalan dengan petunjuk ilahi, maupun persatuan yang kesatuan yang di tunjuk oleh ayat berikut ini:
Ÿwur (#qçRqä3s? tûïÏ%©!$%x. (#qè%§xÿs? (#qàÿn=tF÷z$#ur .`ÏB Ï÷èt/ $tB æLèeuä!%y` àM»oYÉit6ø9$# 4 y7Í´¯»s9'ré&ur öNçlm; ë>#xtã ÒOŠÏàtã ÇÊÉÎÈ
  Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. mereka Itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat, (Q.S Al Imran : 105)

Adapun cara pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar yang di restui ilahi adalah dengan hikmah, nasehat dan tutr kata yang baik sebagaimana yang tercermin  dalam Q.S An- Nahl : 125


äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7­/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/ ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ
.  Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. An Nahl: 125)
([845]  Hikmah: ialah perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.)
Ciri-ciri Masyarakat Madani

1.            Menjunjung tinggi nila, norma, dan hukum yang di topang oleh iman dan teknologi
2.            Mempunyai peradaban yang tinggi ( beradab )
3.            Mengedepankan kesederajatan dan transparasi ( keterbukaan )
4.            Free public sphere ( ruang publik yang bebas )
5.            Demokratisasi
6.            Toleransi
7.            Pluralisme
8.            Keadilan social (social justice )
9.            Partisipasi social
10.       Supermasi hokum
        



DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment